Mengenal Menu Dasar Microsoft Office Word 2007



Mengenal Menu Dasar Microsoft Office Word 2007

Microsoft Word merupakan salah program pengolah kata yang ada saat ini, sebelumnya ada software pengolah kata yang sangat populer, yaitu word star, word perfect, chi writer, dan lain-lain. Word start memiliki perintah-perintah yang rumit dan harus dihafal karena tidak tersedianya menu yang memadai. Word perfect lebih mudah digunakan, tetapi kurang populer. Sedangkan chi writer memiliki tampilan yang kurang menarik walaupun cukup handal untuk pengetikan bidang teknik, fisika, kimia, dan matematika.
Microsoft Word yang merupakan produk dari Microsoft Corporation memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan. Microsoft Word atau disingkat MS saat ini sangat populer diseluruh dunia karena kehandalannya sebagai program pengolah kata dan memiliki fasilitas fantastis.
Seiring dengan kebutuhan yang semakin kompleks, Microsoft word sendiri memiliki beberapa versi diantaranya Ms Word 97, Ms Word 2000, Ms Word 2003, Ms Word 2007 dan yang terakhir Ws Word 2010. Kali ini, saya akan membahas beberapa menu dasar microsoft word 2007.
Microsoft office word 2007 dapat digunakan jika anda telah menginstal software microsoft office word 2007, dan cara menjalankannya yaitu klik star> all program> microsoft office > microsoft office word 2007.
1. Ikon microsoft office 
hampir sama pada menu file Ms word versi sebelumnya (97-2003). Berisi menu New(membuat dokumen baru), open(membuka dokumen), save(menyimpan dokumen baru), save as(menyimpan dengan format tertentu), print(mencetak  dokumen), prepare(properti dokumen), send(mengirim file sebagai email), publish(menerbitkan dokument aktif ke web/blog)

2. Toolbar quick access 
secara default toolbar ini menyediakan tombol save, undo dan repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down)diujung kanan toolbbar ini dan ditandai yang belum ditampilkan atau klik more command

3. Title bar 
terletak paling atas pada jendela word yang merupakan judul dari dokument, apabila file belum disimpan maka akan tertulis Document 1, 2, 3 dan seterusnya.

4. Tombol close 
berfungsi menutup aplikasi microsoft word

5. Ribbon 
berisi beberapa tab yang berisi beberapa group ikon home, insert, page layout, references, mailings, review dan view.

6. Scroll bars 
berfungsi untuk menggeser layar kerja secara horizontal maupun vertikal

7. Ruler 
berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin(batas)dari lembar kerja, garis, tabulasi, dan lain-lain

8. Status bar 
memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman dan bahasa yang digunakan.

9. Tombol view 
merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen layout,web layout, outline dan draft.

10. Kontrol zoom 
menentukan ukuran tampilan kerja layar

0 Response to "Mengenal Menu Dasar Microsoft Office Word 2007"

Posting Komentar