Operating Sistem (OS) dan BIOS


Operating Sistem (OS) dan BIOS 
Sistem operasi

Sistem operasi (bahasa inggris: operating system ; OS) adalah perangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi , pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka.
Jenis sistem operasi
Jenis sistem operasi terbagi menjadi 2 kelompok besar, yaitu sistem operasi berbasis Character User Interface (CUI) sistem operasi ini berbasis text, contohnya adalah DOS (Disk Operating System). Adapun sistem operasi yang kedua yaitu berbasis grafis atau gambar yang dikenal dengan istilah Graphical User Interface (GUI) sehingga mudah digunakan. Sistem operasi tersebut adalah :
    sistem operasi komputer
  1.  Microsoft Windows : Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows NT, Windows 200, Windows XP, Windows 2003, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10.
  2. Unix diproduksi AT&T Bell Laboratory
  3. Linux merupakan software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras komputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.
  4.  Mac OS (Macintosh Operating System) adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple.
  5. Android merupakan sistem operasi untuk mobile yang dikembangkan oleh Google
Fungsi-fungsi sistem operasi
  •  Resource Manager : mengalokasikan sumber daya seperti memori, CPU, Printer, Disk drive dan perangkat lainnya 
  •  Interface : perantara antar pengguna dengan hardware
  • Coordinator : mengatur urutan yang telah diatur sebelumnya
  • Guardian : menyediakan kontrol akses yang melindungi file dan memberi pengawasan pada pembacaan eksekusi data program.
  • Gate Keeper : mengendaliakan siapa saja yang dapat (log) kedalam sistem dan mengawasi tindakan
  •  Optimizer : mengoptimalkan Input proses output
  •  Accountant : mengatur waktu CPU, memori, storage dll
  •   Server : menyediakan layanan 
    BIOS (Basic Input Output System)
Komputer adalah sebuah sistem yang terbentuk dari susunan konfigurasi perangkat keras yang tercatat didalamya, catatan konfigurasi sistem itu tersimpan dalam komponen elektronik yang disebut chip Basic Input Output System (BIOS)
Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti CPU, RAM, VGA Card, Keyboard dan Mouse, Hardisk drive, Optical (CD/DVD) drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting.
Cara kerja BIOS adalah dimulai dengan proses inisialisasi, dimana dalam proses ini kita bisa melihat jumlah memory yang terinstall, jenis hardisk dan kapasitasnya dan sebagainya. BIOS kemudian akan mencari, menginisialisasi dan menampilkan informasi dari Graphics Card. Kemudian akan mengecek device ROM lain seperti hardisk dan kemudian melakukan pengetesan RAM yaitu memory count up test. Setelah  semua test komponen berhasil dilakukan, BIOS kemudian akan mencari lokasi booting device dan Sistem Operasi.
Untuk mengakses BIOS dapat kita lakukan dengan menekan tombol tertentu (biasanya tombol Delete atau F2) pada Keyboard pada saat pertama kali komputer dinyalakan. Akan terdapat tulisan misalnya "Pres F2 to enter setup", maka langsung saja tekan tombol F2 berulang-ulang.
Macam-macam BIOS
  1. AMI BIOS :  adalah BIOS yang dikembangkan oleh Megatrends Amerika. AMI BIOS adalah BIOS Firmware paling populer untuk PC. 
  2.  Phoenix BIOS : Mengembangkan dan mendukung perangkat lunak sistem inti untuk komputer pribadi dan perangkat komputasi lainnya, produk Phoenix – biasa disebut sebagai BIOS (Basic Input / Output System) atau firmware – Dukungan dan mengaktifkan kompatibilitas, konektivitas, keamanan danpengelolaan berbagai komponen dan teknologi yang digunakan dalam perangkat tersebut.
  3. Award BIOS : Untuk pengertiannya saya tidak menemukannya saya mohon maaf tapi saya akan menjelaskan tentang pesan kesalahan yang terjadi pada AWARD BIOS beserta jumlah beep nya yang ditimbulkan AWARD BIOS.
  4. IBM BIOS : IBM PC datang dengan tiga versi BIOS, yang dibedakan dari tanggalnya, yakni sebagai berikut: 24 April 1981, merupakan versi BIOS pertama dalam IBM PC yang hanya mendukung memori fisik hingga 544 KB. Tidak dilengkapi dengan fitur pemindaian blok memori UMA (Upper Memory Address) untuk beberapa kartu ekspansi (seperti video, adapter hard disk, dan lainnya).19 Oktober 1981, merupakan versi BIOS kedua dalam IBM PC yang hanya mendukung memori fisik hingga27 Oktober 1982, merupakan versi BIOS ketiga yang dapat mendukung memori fisik hingga 640 KB (conventional memory), ditambah dengan fitur pemindaian blok memori UMA. BIOS ini merupakan BIOS yang paling umum digunakan.



0 Response to "Operating Sistem (OS) dan BIOS "

Posting Komentar